My Favorite Team

YNWA !

3 Juni 1892Liverpool lahir pada tanggal . Anfield adalah kandang dari mereka ! sedikit berbicara kebelakang ternyata Anfield dulunya pernah di tempati juga oleh Everton.

1901 Liverpool memenangkan League Championship pertamanya, pada saat itu Alex Raisbeck lah yang mengemban tugas sebagai kapten.

1914 adalah tahun dimana Liverpool bermain pertama kali di final Piala FA.
Pertandingan berlangsung di Crystal Palace di depan 72.778 penonton, salah satunya adalah Raja Inggris, George V. Sayangnya, The Reds tidak bisa memenangkan piala dan dikalahkan 1-0 oleh Burnley.

1938 seorang pahlawan dari Scotland berlabuh di Liverpool, ya tepat sekali. Dia adalah Billy Liddell yang berhasil mencetak lebih dari 200 gol untuk Liverpool dan, luar biasanya ia tidak pernah menerima kartu kuning selama di Anfield!

Pada akhir tahun 1959  Bill Shankly diangkat sebagai pelatih Liverpool FC. dan saya meyakini bahwa dia lah sosok yang membawa Liverpool menjadi team terkuat di Eropa. Dia juga dikenang karena kutipannya yang berbunyi “If Everton were playing at the bottom of the garden, I’d pull the curtains”.

Wembley 1965 adalah tempat bersejarah bagi Liverpool disini mereka pertama kali sukses di final Piala FA.  walau pun bertarung sengit akhirnya liverpool berhasil menang berkakat gol dari Ian St John.

1973 Liverpool memenangkan final Piala UEFA atas Borussia Monchengladbach.

1974 sang pelatih Bill Shankly memutuskan untuk pensiun, selama karier nya dia berhasil mengantongi tiga gelar liga, dua Piala FA dan satu Piala UEFA.

1977 Liverpool kembali bertemu Borussia Monchengladbach di European Cup. Liverpool berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 3-1 dan berhasil memboyong piala dari Roma.

1978 Liverpool berhasil mempertahankan Piala Eropa dengan mengalahkan Brugge Club di Wembley. Kenny Dalglish mencetak satu-satunya gol dalam pertandingan ini.

1981 Liverpool juga memenangkan Piala Liga , mengalahkan West Ham United.

1983 Setelah 44 tahun mengabdi pada Liverpool sebagai pemain, pelatih dan manajer Liverpool, Bob Paisley pensiun. Bob Paisley memenangkan tiga Piala Eropa, enam gelar liga, tiga Piala Liga, satu Piala UEFA, satu Piala Super Eropa dan lima Charity Shields selama pengabdiannya dan membuatnya sebagai pelatih paling sukses dalam sejarah klub. Dia menjadi bagian dari dewan Liverpool setelah pensiun tapi sayangnya meninggal pada tahun 1996.

1984  Joe Fagan berkesempatan memimpin Liverpool ke treble bersejarah di musim pertamanya bertugas. Setelah mengangkat Championship Liga dan Piala Liga, The Reds memenangkan salah satu final paling menarik Piala Eropa sepanjang masa dengan mengalahkan AS Roma dikandang.

29 Mei 1985 adalah salah satu hari paling menyedihkan dalam sejarah Liverpool. Liverpool yang seharusnya merayakan kemenangannya atas Juventus di final Piala Eropa di Stadion Heysel Belgia,malah mendapati  39 fans dari tim Italia tewas setelah pertempuran di tribun yang menyebabkan dinding runtuh.

1989 Lebih dari 25.000 penggemar Liverpool berjalan ke Hillsborough untuk Piala FA semi final #You’ll Never Walk Alone.

1992 Liverpool memenangkan Piala FA kelima mereka dengan mengalahkan Sunderland 2-0 di Wembley.

2011 Liverpool memenangkan tiga piala dalam satu musim, FA, UEFA and League Cups. mengalahkan Birmingham di League Cup,  membekuk Arsenal di Piala FA dan mengungguli club asal Spanyol Alaves 5-4 di Dortmund.

Juli 2004 Rafael Benitez ditunjuk sebagai pelatih baru Liverpool ia mendatangkan sejumlah pemain yaitu  Xabi Alonso dan Luis Garcia teman senegaranya di Spanyol.

2005 Liverpool bertemu dengan AC Milan European Cup setelah ketinggalan 3-0 pada paruh pertama Gerrard dan kawan-kawan berhasil menyamakan kedudukan di paruh kedua dan memaksa AC Milan melakukan adu pinalti yang akhirnya di menangkan oleh Liverpool.

2006 Liverpool memenangkan Piala FA ke-7 mereka melawan West Ham dalam pertandingan dramatis di Cardiff.

2007 The Reds memecahkan rekor transfer mereka dengan menandatangani kontrak pemain muda asal Spanyol Fernando Torres.

2010 Rafael Benitez meninggalkan Liverpool dengan kenang-kenangan piala Liga Champions, Piala FA, Community Shield dan Piala Super Cup yang berhasil diboyongnya selama memimpin Liverpool . di tahun yang sama Liverpool menunjuk Roy Hodgson sebagai pelatih baru mereka. Mantan pelatih Fulham, Inter Milan dan Swiss ini menyetujui kontrak tiga tahun dengan klub untuk menjadi pelatih ke-18 dalam sejarah The Reds. Dia mengatakan “This is the biggest job in club football and I’m honoured to be taking on the role of manager of Britain’s most successful football club.”

2011 Kenny Dalglish dipilih sebagai pengganti sementara Roy Hodgson.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s